KKN 54 UMBY Sosialisasikan Pentingnya Sosial Media Sebagai Sarana Pemasaran UMKM
13 Feb 2023
66
by Admin Demo

KKN-PPM Angkatan XLII Kelompok 54 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melaksanakan kegiatan sosialisasi yang bertemakan “Branding UMKM: Pentingnya Sosial Media Sebagai Sarana Pemasaran UMKM Di Era Society 5.0”di Padukuhan Kangkung A, Kalurahan Ngeposari, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunung Kidul,

Kegiatan sosialisasi ini berlangsung di Balai Padukuhan Kangkung A pada Kamis (09/02/23) Acara sosialisasi ini dihadiri oleh kurang lebih 50 peserta yang terdiri dari pelaku UMKM dan masyarakat setempat. Sosialisasi dihadiri oleh Kepala Dukuh Kangkung A, Ketua RT 2, dua orang narasumber yaitu Bapak Heribertus Binawan, S.Pd,. M.Pd dan Bapak Dicky Nanda H, serta warga Padukuhan Kangkung A termasuk pelaku UMKM di Padukuhan Kangkung A.

Sosialisasi yang dilakukan berupa pemberian arahan tentang revolusi industri dari era 1.0 hingga 5.0, serta pengaruh dan manfaat penggunaan sosial media pada UMKM yang disampaikan oleh Heribertus Binawan, S.Pd,.M.Pd. Sedangkan Dicky Nanda H, selaku Pemilik DNH Art Galler, usaha yang bergerak dalam bidang kerajinan anyaman yang terbuat dari rotan, eceng gondok, dan batang pisang menyampaikan tentang Success Story dalam mengelola usaha.

Disamping menggelar sosialisasi branding, KKN 54 juga menggelar Sosialisasi Pembukuan Sederhana Bagi UMKMyang diisi oleh Nurisma Tasya Ifada, selaku mahasiswa KKN UMBY Kelompok 54.. Hal tersebut dilakukan karena mayoritas pelaku UMKM di Dukuh Kangkung A masih berfokus pada produksi dan penjualan produk saja. Transaksi keuangan pada UMKM belum dikelola dengan baik, bahkan beberapa UMKM tidak melakukan pembukuan keuangan. Hal ini menjadi kendala bagi UMKM untuk mengetahui kondisi keuangan usaha terutama pada laba rugi usaha. Sedangkan laba rugi usaha bermanfaat sebagai bahan evaluasi keberhasilan usaha.

“Kami harap para pelaku UMKM di Dukuh Kangkung A dapat memahami pentingnya pembukuan dan dapat menerapkan pembukuan yang sesuai dengan kondisi usaha yang dijalankan. Sehingga para pelaku usaha ini akan mengetahui usaha yang dijalankan mengalami laba atau rugi,” harap Nurisma.

Arif salah satu selaku pelaku UMKM yang menghadiri acara tersebut mengungkapkan rasa bahagaianya karena mendapat banyak ilmu baru yang bermanfaat bagi usaha saya.

Rani Linggar Purga Hardiyanti selaku Ketua KKN-PPM kelompok 54, menjelaskan bahwa dua kegiatan ini digelar sebagai upaya untuk membuat UMKM yang ada di Padukuhan Kangkung A bisa dikenal oleh masyarakat luas. Melalui sosial media seperti Tokopedia, Facebook, Instagram, Tiktok, Shopee dan platform lainnya diharapkan pelaku UMKM bisa menawarkan produk yang dijualnya ke khalayak umum dan mendapatkan lebih banyak peminat di dalam maupun luar daerah. Selain itu juga mampu menerapkan pembukuan dan dapat termotivasi untuk mengembangkan usahanya.