UMBY Terima Kunjungan dari UMALA
07 Jul 2023
172
by Farida Dian Farida Dian

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) baru saja menerima kunjungan dari Universitas Ma’arif Lampung (UMALA) pada Kamis (6/7/23) pukul 08.00-selesai. Kunjungan ini merupakan ajang silaturahmi sekaligus penandatanganan kerja sama antara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMBY dengan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UMALA. Kunjungan UMALA di pimpin oleh Dekan FTIP UMALA, Dr. Agus Setiawan., M.Pd beserta jajarannya dan diterima langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan , Ir. Wafit Dinarto, M.Si. , Dekan FKIP Nuryadi, S.Pd.Si., M.Pd. beserta jajarannya di Ruang Seminar Gedung Rektorat Kampus 1 UMBY, Jalan Raya Wates Sedayu Bantul.

Kunjungan ini dalam rangka kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KLL) yang diikuti oleh kurang lebih 250 mahasiswa dari FTIK UMALA, terdiri dari empat prodi yaitu Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam dan Prodi Pendidikan Matematika.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan , Ir. Wafit Dinarto, M.Si.menyambut hangat kunjungan UMALA dan mengharapkan agar pertemuan ini membawa manfaat bagi pengembangan institusi masing-masing.

“Kamik menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada UMALA atas kunjungannya. Semoga kunjungan ini membawa manfaat kepda 2 fakultas dari masing-masing Universitas. Semoga jalinan kerjasama ini bis akita kolaborasikan dan kembanghkan lewat publikasi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara nyata,” ungkap Ir. Wafit dalam sambutannya.

Dekan FKIP Nuryadi, S.Pd.Si., M.Pd.  juga mengaku senang atas kunjungan UMALA dan terwujudnya kerjasama ini.

“Semoga Kerjasama ini dapat terimplementasikan secara nyata, terlebih di bidang penelitian dengan di targetkan setiap prodi di FKIP bisa memiliki produk yang bisa di bawa kepada masyarakat dengan konsep industrial startup. Kita juga perlu mempersiapkan era 5.0 karena akan banyak sentuhan teknologi sehingga harus kita harus hadapi dengan mental dan karakter sebagai ciri khas bangsa dan budaya Indonesia,” terang Nuryadi.

Sedangkan UMALA, melalui Dr. Agus Setiawan., M.Pd sebagai Dekan FTIK mengungkapkan rasa senangnya karena dapat diterima dengan hangat oleh UMBY.

“Kedatangan kami tidak lain untuk belajar dari UMBY karena dari sisi akreditasi UMBY sudah unggul. Semoga prodi-prodi di fakultas kami bisa jadi unggul. Semoga kerja silaturahmi ini tidak berhenti di sini tapi bisa terus berlanjut dan menghasilkan implementasi yang bisa bermanfaat untuk kita semua serta mampu menghasilkan pendidik yang hebat dan berkarakter,” harap Agus Setiawan.

Acara ini juga sekaligus dengan seminar nasional dengan mengangkat tema “Revolusi Mental untuk Menghasilkan Pendidik yang Berkarakter , dibawakan oleh dosen Pendidikan Matematika UMBY ,Nanang Khuzaini, S.Pd.Si, M.Pd. Dalam seminar yang dibawakan, ia menyebutkan pentingnya berorganisasi sebagai sarana dalam pembentukan karakter mahasiswa. Dengan berorganisasi dapat membuka dan membentuk pola piker baru, menambah wawasan dan pengetahuan, melatih kepemimpinan dan memperluas jaringan. Karakter yang sifatnya tidak tampak harus dbangun dan dikembangkan apalagi sebagai pendidik nantinya akan mendidik orang lain.